Cara Mengadopsi Gaya Hidup yang Hemat

Sementara banyak orang mengasosiasikan berhemat dengan gaya hidup yang keras, sebaliknya tidak bisa lebih benar. Menjadi hemat sebenarnya memungkinkan konsumen mengeluarkan uang untuk apa yang sebenarnya mereka hargai sambil menabung barang yang tidak mereka sukai.

“Berhemat memberi Anda kebebasan karena Anda melihat bagaimana pengeluaran di beberapa area menjaga Anda dari apa yang Anda inginkan di area lain,” kata John Schmoll. “Berhemat bukanlah perampasan, ini tentang menjadi tujuan dari pengeluaran Anda, dan tentang menemukan keseimbangan dan pengeluaran untuk apa yang Anda hargai.”

Konsumen yang berusaha lebih hemat harus menetapkan prioritas dan belajar hidup tanpa hal-hal tertentu untuk bisa mampu orang lain. Meski bukan konsep yang sulit dipahami, membuat perubahan pun bisa menjadi tantangan tanpa panduan. Untuk mulai menerapkan gaya hidup hemat, ikuti langkah-langkah ini.

Identifikasi tujuan akhir Anda. Mengadopsi gaya hidup hemat bukan sesuatu yang akan terjadi dalam semalam. Ini adalah perjalanan yang akan mengalami gundukan di sepanjang jalan. Untuk mempertahankannya untuk jangka panjang dan menuai keuntungan, para ahli menyarankan untuk menguraikan tujuan Anda.

“Menuliskan tujuan dan kemajuan pelacakan akan membantu Anda tetap termotivasi saat segala sesuatunya menjadi sulit,” kata Jessi Fearon, pelatih keuangan pribadi di JessiFearon.com. “Meskipun Anda mungkin memiliki beberapa kemenangan instan, Anda tidak akan melihat hasil dalam semalam dan melacak tujuan dan kemajuan Anda akan membuatnya lebih mudah untuk bertahan.”

Konsumen dapat mencantumkan tujuan pada selembar kertas atau pada tabel Excel, tergantung pada preferensi mereka. Beberapa bahkan mungkin menemukan aplikasi seperti Mint membantu untuk melacak berbagai kebiasaan belanja dan tabungan mereka.

Menilai pengeluaran Anda dan membuat anggaran. Belajar bagaimana hidup tanpa barang tertentu, sehingga Anda bisa menghabiskan uang untuk apa yang paling Anda hargai, adalah pusat dari apa artinya hemat. Namun, untuk mewujudkannya, langkah yang paling penting adalah menetapkan anggaran.

“Kebiasaan hemat yang paling penting yang harus Anda adopsi adalah menciptakan dan menggunakan anggaran bulanan,” kata Gina Lincicum, pendiri MoneyWiseMoms.com. “Tak satu pun dari hal-hal kecil yang Anda lakukan untuk menyelamatkan, seperti menggunakan kupon atau membeli pakaian yang dijual, akan memiliki dampak yang sama jika Anda melakukan overspending di area lain.”

Mulailah dengan meninjau rekening pengecekan dan tabungan Anda dari beberapa bulan terakhir untuk menilai situasi keuangan Anda dan mengidentifikasi potensi biaya dan pembelian yang dapat Anda jalani tanpa. Buat rencana untuk mengurangi atau menghilangkan barang-barang ini, jadi ada tambahan uang untuk menuju tujuan dan biaya penting lainnya.

Ubah satu perilaku pada satu waktu. “Mulai kecil adalah cara terbaik untuk mulai menjalani gaya hidup yang lebih hemat,” kata Schmoll. “Saya selalu merekomendasikan kepada individu bahwa mereka mencoba satu hal untuk membangun kepercayaan diri. Begitu mereka melihat mereka dapat membuat perubahan dan melakukannya dengan baik, mereka akan merasa lebih termotivasi untuk melakukan perubahan lainnya.”

Identifikasi pemicu pengeluaran. Di dunia di mana orang dibombardir oleh iklan dan penawaran di mana pun mereka berpaling, memberikan pola pikir konsumeris sulit dihindari. Untuk mengendalikan pengeluaran impulsif dan berlebihan, Anda harus memahami apa yang memicunya di tempat pertama. Menghabiskan pemicu adalah sesuatu yang menyebabkan belanja tanpa berpikir.

“Mengetahui pemicu Anda memberi Anda kekuatan,” kata Schmoll. “Ini memungkinkan Anda mengetahui kelemahan Anda dan membuat rencana untuk menghindari situasi tertentu.”

Menghindari pemicu pengeluaran relatif mudah. Misalnya, jika Anda cenderung mengeluarkan terlalu banyak uang di toko tertentu, batasi jumlah perjalanan yang Anda lakukan ke pengecer itu. Jika Anda terus-menerus terlibat dalam transaksi yang dipromosikan di aplikasi belanja, lepaskan dari telepon Anda. Dan jika Anda merasa bosan, carilah aktivitas lain untuk membuat Anda sibuk, seperti jalan-jalan atau menelepon teman.

Tetapkan pola pikir “use it up”. Menjadi kurang boros adalah prinsip dasar berhemat dan ini mudah dilakukan dengan mengubah pola pikir Anda untuk memikirkan penggunaan semua yang Anda miliki sebelum mengeluarkan uang untuk menggantinya. Berpikirlah di luar kotak dan biarkan kreativitas Anda membimbing Anda agar lebih banyak akal dengan apa yang sudah Anda miliki.

“Anda tidak perlu melakukan yang ekstrem,” kata Fearon. “Mulailah dengan membuat masakan baru dari sisa makanan, gunakan kembali kemeja usang sebagai kain pembersih dan tahan kembali sebanyak mungkin.”

Nikmati aktivitas gratis. Berhemat tidak berarti melewatkan kesenangan dan petualangan. Ini berarti mencari cara untuk menikmati hidup dengan lebih sedikit, dan ada banyak kegiatan gratis yang tersedia. Ini termasuk lonjakan, piknik, menyaksikan matahari terbenam, bermain di taman, berkemah, menyelenggarakan malam permainan keluarga dan menjadwalkan hari-hari bebas di museum-museum lokal.

Lincicum menyarankan untuk memanfaatkan perpustakaan setempat untuk kegiatan keluarga gratis, seperti seni dan kerajinan, film malam dan penyewaan buku dan film tanpa biaya.

Menabung uang tunai untuk keadaan darurat. Tantangan terbesar yang dihadapi banyak orang saat mencapai tujuan keuangan apa pun adalah keadaan tak terduga yang mengganggu kemajuan. Kecelakaan mobil, perbaikan rumah atau keadaan darurat medis dapat dengan mudah menghapus tabungan atau menambahkan sejumlah besar hutang. Lincicum merekomendasikan untuk menyisihkan uang tunai dalam dana tabungan terpisah untuk membantu mengatasi badai keuangan jangka pendek ini dan menghindari tingginya hutang bunga.

Prioritaskan dana darurat ini dengan membuat item baris sesuai anggaran Anda dan dukung dengan lebih cepat dengan mengotomatisasi transfer antara rekening giro dan tabungan Anda setiap kali Anda menerima pembayaran.

Fokus pada penurunan biaya utama. Sementara hacking pada biaya kecil dengan kupon kliping dan pembelian barang bekas akan membantu meningkatkan penghematan dari waktu ke waktu, konsumen dapat memperoleh imbalan finansial lebih besar dengan lebih cepat dengan mengurangi item anggaran yang lebih besar, kata Lily He-Prudhomme, pendiri TheFrugalGene.com. Lihatlah biaya yang mengambil keuntungan lebih besar dari anggaran bulanan Anda dan pikirkan bagaimana Anda dapat mengurangi biaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *